Penjual Handal perlu Percaya Diri Tanpa Syarat

Berubah atau Usang
December 4, 2014
Hati – Hati !!! Bahaya Jika Strategi Marketing Over Promise By@AdrianoGiovani
January 15, 2015

 

Menutup Tahun 2014 Lalu salah satu yang seringkali kita lakukan selain membuat Resolusi untuk tahun 2015 adalah juga melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah kita lakukan sepanjang tahun 2014 dan pemebelajaran apa saja yang sudah kita dapat selama 365 yang sudah kita lalui dan itu juga yang saya lakukan.
Salah satu Hot Topik sepanjang 2014 di internal perusahaan tempat saja bekerja yang berkaitan dengan Kompetensi team Penjualan adalah bagaimana membuat PC menjadi menjadi lebih Agresif untuk memenangkan persaingan dalam mencapai target penjualan. Ada beberapa pandangan tentang hal ini, ada yang mengatakan bahwa agar penjual menjadi agresif dalam mendapatkan kosumen dan memenangkan persaingan maka mereka harus memiliki percaya diri yang tinggi dan caranya adalah mereka harus sangat menguasai Product Knowledge termasuk perbandingannya dengan produk kompetitor karena ketika kita mengetahui bahwa produk kita jauh lebih baik dan unggul dibandungkan kompetitor maka itu menjadi modal untuk memiliki percaya diri yang tinggi.

Pendapat lain mengatakan bahwa Menguasai Product knowledge saja bukan dan belum menjadi modal utama untuk membuat seorang penjual menjadi Percaya Diri dan akhirnya mampu melakukan penjualan dengan luar Biasa yaitu mencapai bahkan melampaui targetnya, Buktinya ada di Perusahaan yang masuk kategori top company di industri tetapi Penjualnya gak Achieve target bahkan sampai akhirnya dikeluarkan dari perusahaan, padahal banyak orang tau bahwa Produk yang mereka jual adalah produk yang terbaik di pasar dan juga sebaliknya tidak sedikit penjual – penjual yang memiliki prestasi penjualan Sangat baik walaupun mereka memasarkan produk dengan kualitas rata – rata dari perusahaan yang juga sedang sedang saja.
Kesimpulannya, melihat pengalaman pribadi sebagai seorang yang pernah menjadi praktisi dibidang penjualan dan juga pengalaman banyak berinteraksi dengan mereka yang sukses sebagai Top Achiever di bidang penjualan di beberapa industri berbeda maka salah satu Pondasi yang wajib dimilki adalah untuk Menjadi Penjual Handal Percaya Diri tanpa syarat…Wahhh apapula ini maksudnya Percaya Diri tanpa syarat ??? Hehehehe…Mau tau kan Jawabannya ? Mauuuuu….jawab sendiri gak apa apa ya, Jadi maksudnya adalah percaya diri yang dimiliki seorang penjual yang sumbernya adalah internal atau tidak tergantung factor Eksternal…Percaya Diri bukan karena Perusahaannya No 1, bukan karena Produknya Luar Biasa , bukan karena klien kliennya dari perusahaaan yang Besar,dll walaupun kenyataannya hal tersebut bisa berkontribusi terhadapa rasa percaya diri kita sebagai Penjual…tetapi Jadi percaya Diri karena mereka memiliki kekuatan internal dalam mengelola pikirannya.


Apa saja yang bisa dilakukan dalam mengelola pikiran agar senantiasa memilki Percaya Diri Tinggi ?? Salah satu yang utama adalah Memaksimalkan Selftalk Positif, Kita sebagai manusia memiliki karunia untuk berkomunikasi keluar (komunikasi dengan orang lain) dan juga Komunikasi kedalam (Komunikasi dengan diri sendiri), Agar seorang penjual mampu memiliki keterampilan komunikasi yang baik dengan calon konsumen sebalumnya mereka harus mampu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan diri sendiri…Gimana mau menyakinkan Konsumen kalau dia sendiri gak percaya diri. Para Top Achiever ini dalam pikirannya, dalam dialog internal mereka penuh dengan kata – kata “Saya Pasti Bisa” (Mungkin terdengar klise ya, tapi memang begini adanya), “Saya harus Sukses”… “Target adalah Tantangan”.. “Apa yang bisa saya pelajari ya dari penolakan ini”.. “Cara kerja apa yang harus saya rubah”.. “Saya harus menemukan pola kesuksesannya”, dll.
Sementara Para Bad Achiever seringkali memiliki kebiasaan mudah mengeluh…baik mengeluh yang dinyatakan ke atasannya ke rekan kerjanya atau hanya “mengeluh” dalam bentuk Selftalk negative seperti “Saya gak bakal bisa”… “Saya gak rezekinya dari jadi sales”.. “Saya gak bakat”.. “Wajar kalau dia bisa achieve target, saya kan beda kondisinya. Begitulah isi kepala dalam bentuk dialog internal para bad achiever.
Kesimpulannya. penjual Handal mampu mengelola pikirannya untuk memperbanyak Selftalk positif dan meminimalkan Selftalk negative ini akan membuat mereka memiliki Percaya diri yang tinggi apapun Produk yang mereka jual dan dari perusahaan sekelas apapun dan tentu saja menjadi sangat sempurna ketika Penjual handal ini menjual Produk yang berkualitas dan dari perusahaan terbaik di industrinya..Perfect….!!!
Mari sama – sama kita kelola lintasan – lintasan kata kata yang ada di pikiran kita hanya kata – kata yang membuat Kita Percaya diri, memperdayakan kita, membuat kita Optimis dan mendukung kita dalam mencapai target dan Tujuan kita di Tahun 2015 ini.

Perlu Trainer, Motivaor atau Coach di bidang sales?
Hubungi Adriano Giovani
Hp : 081584773870
Email : adri_49a@yahoo.co.id
Website : http://adrianogiovani.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *